9 Tips Sukses Dalam Berbisnis Ala Dahlan Iskan

Written By Risal Fajar on Wednesday, April 16, 2014 | 8:01 AM

Teman-teman pasti sudah mengenal siapa Dahlan Iskan. Dia adalah menteri BUMN (Badan Usah Milik Negara) Indonesia dan dia juga salah satu pengusaha sukses yang ada di Indonesia. Dahlan Iskan punya beberapa kiat khusus untuk mencapai kesuksesannya itu, apa saja itu ?

9 Tips Sukses Dalam Berbisnis Ala Dahlan Iskan

1. Mulailah Berbisnis Sejak Masih Muda


Usia 25 tahun adalah waktu yang cukup tepat untuk mulai membangun bisnis, menurut Dahlan Iskan. Hal ini karena dalam bisnis kita bisa mengalami jatuh bangun, dan ketika itu terjadi kiat masih punya banyak waktu untuk bangkit kembali dari keterpurukan. Dan mereka yang punya banyak pengalaman akan terlihat semakin matang dalam berbisnis.

Menurut Dahlan Iskan, di usia 30 tahun adalah saat yang tepat memiliki sebuah bisnis yang sudah cukup mapan. Pada saat itu, kita sudah cukup matang dalam berbisnis karena sudah banyak mendapat pengalaman jika mulai berbisnis di usia muda.

2. Fokus Pada Salah Satu Bidang Bisnis


Mereka yang baru memulai bisnis (startup) sangat disarankan untuk fokus pada satu bidang bisnis karena masih kurang pengalaman menjalankan banyak bisnis sekaligus. Jika kita sudah mencapai skala tertentu, mungkin bisa melirik bidang bisnis yang lain.

3. Harus Mau Kerja Keras


Ini adalah sebuah keharusan bagis seorang pengusaha. Tanpa kerja keras semua rencana tidak akan terwujud, tentunya kita juga harus memikirkan kesehatan ya. Kerja keras ditunjang juga dengan makanan yang sehat agar tetap bisa bertahan dalam berbisnis.

4. Mau dan Berani Mengambil Resiko


Terkadang kita dihadapkan pada situasi sulit dan beresiko, pada saat ini seorang pengusaha harus bisa mengambil sebuah keputusan walaupun keputusan itu beresiko. Tentunya keputusan tersebut sudah dipertimbangkan baik dan buruknya. Mereka yang takut mengambil resiko dalam bisnis tidak akan siap dalam menghadapi perubahan yang ada dan akan sulit mengembangkan bisnis mereka nantinya.

5. Pengusaha Itu Harus Cerdik


Seorang pengusaha biasanya selalu pintar dalam melihat sebuah peluang usaha. Selain itu, seorang pebisnis juga harus cerdik ketika dihadapkan dengan sebuah tantangan dan masalah yang terjadi ketika menjalankan bisnisnya.

6. Seorang Pengusaha Harus Bisa Fleksibel


Menetapkan segala sesuatu di awal membangun bisnis adalah hal yang baik. Namun, terkadang kita perlu mengubah beberapa hal dan harus bisa fleksibel karena sesuatu hal yang terjadi di masa depan. Ketentuan yang sudah kita tetapkan di awal membangun bisnis bisa saja berubah untuk menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi dan tidak terduga di masa mendatang.

7. Selalu Belajar Dari Pengalaman


Tidak jarang para pengusaha mengalami tantangan dan ujian saat membangun bisnis mereka, salah satunya adalah ketika mengalami tertipu rekan bisnis atau client. Mereka yang pernah ditipu biasanya lebih paham dengan karakter orang dan biasanya akan sukses dalam bisnisnya. Bukan berarti kita harus ditipu dulu baru sukses ya, tapi ada pelajaran yang bisa kita ambil saat tertipu orang lain. Pelajaran itu adalah kemampuan untuk mengenali siapa yang bisa dipercaya dan siapa yang tidak.

8. Jadikan Perbedaan Menjadi Kekuatan


Perbedaan pendapat bahkan perselisihan bisa terjadi antara pebisnis dengan mitra bisnisnya. Ini adalah salah satu proses yang bisa membuat seseorang menjadi lebih matang dalam bersikap dan mengambil keputusan di saat yang sulit. Tidak jarang perbedaan juga bisa membuat masing-masing orang lebih terpacu untuk menjadi yang lebih baik.

9. Berusaha Bangkit Setelah Jatuh


Sama halnya ketika kita sedang belajar naik sepeda, dalam bisnis kita bisa jatuh bangun. Beberapa orang mungkin memilih untuk tidak melanjutkan bisnisnya setelah jatuh, namun orang yang mau bangkit setelah mengalami kejatuhan bisnis akan memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk sukses.

Sumber : bersosial.com

Jangan lupa klik Google+1 nya ya biar Blogger saya ini makin berkembang :)


Blog, Updated at: 8:01 AM