Seni Hacking dan Kisah Para Hacker

Written By Risal Fajar Amiyardi on Saturday, April 19, 2014 | 7:29 PM

Seni Hacking dan Kisah Para Hacker

Seni Hacker

 Kita sudah tidak asing lagi dengan nama “HACKER ”,  memang mereka sering menyusup di jaringan cyber baik mengambil data secara diam-diam atau memperbaiki sebuah situs tertentu, disini dapat disimpulkan HACKER tidak semuanya jahat, karena ada juga HACKER yang bekerja untuk keamanan sebuah situs internet.

 Mereka yang sering mengutak-atik sebuah website dengan tujuan mencari informasi dan menyebarluaskannya di internet di sebut CRACKER. Pada dasarnya tidak jauh berbeda antara CRACKER dan HACKER yaitu seni kemanan dunia internet, jadi baik tidaknya tergantung diri anda yang menilai dan digunakan untuk apa.

Perbedaan Hacker dan Cracker

Seni Hacking dan Kisah Para Hacker

Hacker umumnya seorang profesional yang ahli dalam dunia hardware maupun software komputer, dengan didukung kemampuan seluk bekuk sistem dan ilmu pemograman.
 
Hacker bekerja sebagai penguji suatu sistem untuk menentukan titik lemah keamanan dan memperbaikinya agar sistem tersebut dapat bekerja dengan maksimal, tentu saja ini tidak di bayar dengan murah, untuk itu alasanya kenapa banyak orang yang ingin menguasai dan menjadi seorang hacker.
   Sedangkan Cracker hampir sama dengan hacker hanya saja dia tidaklah profesional karena memanfaatkan kemampuannya untuk merusak sistem software maupun hardware untuk kepentingan pribadi, semisal membajak software berbayar menjadi gratis, atau mengacak data pribadi untuk menghasilkan uang. Dunia CYBER ada juga yang menyebutnya dunia underground karena sulitnya mendekteksi dimana mereka berada dan selalu berpindah-pindah dan sering menggunkan nama samaran dalam menjalankan aksinya, selain itu misi pun berbeda-beda, ada yang hanya untuk kesenangan seperti bermain game online, hingga untuk menghasilkan uang.

Bagaimana Mereka Bekerja?

   Ada beberapa metode dalam melakukan hacking dengan karakter berbeda tentunya, di bawah ini adalah beberapa tejnik yang sering digunakan hacker dancracker dalam menjalankan aksinya.

1.) Phising
Teknik yang digunakan dengan cara mengirim e-mail palsu kepada target, dimana bila sang target mengklik link tersebut akan membka sebuah website yang akan menanyakan user dan password, tentunya website palsu tersebut mirip dengan website dimana target sering berinteraksi sehingga sulit untuk mendeteksi itu hanyalah sebuah tautan palsu. Saat ini salah satu website yang sering di serang adalah pengguna akun facebook.com

2.) Trojan
Berfungsi sebagai penyusup untuk mendeteksi kelemahan atau celah yang dapat di manfaatkan hacker dalam mengakses jaringan tersebut. Cara kerjanya dengan bersembunyi dalam suatu software yang akan bekerja saat aplikasi digunakan secara otomatis mengirimkan data yang di perlukan oleh si hacker, tentunya dalam kondisi online.

3.) Keyloggers
Keyloggers, semacam aplikasi yang digunakan untuk memantau kegiatan keyboard komputer, dengan cara merecord setiap tombol yang ditekan oleh user. Dapat di manfaatkan untuk mereka yang telah berkeluarga guna memantau kegiatan anaknya karena keylogger akan merekam semua situs yang di “search”.

4.) SQL Injection
SQL Injection, merupakan sebuah teknik hacking dimana seorang hacker dapat menginsert perintah-perintah SQL malalui URL untuk di eksekusi oleh database.

5.) Denial Of Service
Denial Of Service (DOS), adalah sebuah jenis serangan yang dilakukan di internet, yang memiliki tujuan pencegahan terhadap para user untuk melakukan akses komputer atau jaringan tertentu. Serangan DOS mentargetkan bandwith dan koneksi sebuah jaringan untuk mencapai misinya, serangan pembanjiran traffic terhadap bandwith data dalam suatu jaringan, dengan memanfaatkan pernagkat yang sudah tersedia pada jaringan itu sendiri, sehingga membuat user yang mengalami hilang koneksi dan membuatnya tidak dapat terkoneksi ke server kembali.

Kisah-Kisah Hacker


Kevin Mitnick, Si Penyadap Blackberry Obama
Seni Hacking dan Kisah Para Hacker

Kevin Mitnick lahir di los angles, California 06 agustus 1963. Orang ini memang dikenal gila. Segudang pengalaman hacking pernah ia lakoni. Dari yang paling gampang dan yang paling rumit. Nah, inilah beberapa pengalaman yang pernah ia jalani:
  • Usia 18 tahun (1981), Mitnick terbukti menghancurkan data melalui jaringan dan mencuri manual perusahaan telepon. Ia dapat menelepon gratis tanpa repot mendaftar talk time

  • Usia 20 tahun(1983), Mitnick terbukti menerobos pntagon melalui ARPANET dariKampus University Of Southern California

  • Usia 24 tahun (1987), Mitnick terbukti mencuri software santa cruz operation (SCO)

  • Usia 25 tahun(1988), Mitnick mencuri kode akses sambungan langsung jarak jauh setelah tertangkap mencoba menerobos dan mencuri sistem minikomputer digitalVAX/VMS

  • Usia 32 tahun (1995), Mitnick ditangkap dan ditahan selama dua tahun tanpa jaminan dan pembelaan
  • Belakangan ini, Mitnick mengklaim telah menjebol Blackberry Obama dengan cara mengirimkan e-mail.

Anak SMA Yang Sukses Menjebol Iphone

Seni Hacking dan Kisah Para Hacker
George Hotz

Siapa yang menyangka kalau anak 17 tahun bisa sukses menjebol iPhone. Berkat ketekunannya Hotz mampu melakukan sesuatu yang abnormal. Setelah menghabiskan waktu lebih dari 500 jam dengan galonan minuman energi membawa kepuasan tersendiri bagi George Hotz (17 th). Remaja asal Glen Rock New Jersey, Amerika Serikat (AS) ini.

Hotzberhasil meng-unlockponsel sentuh Apple iPhone. Hasil utak atiknya tersebut membuat ponsel iPhone bisa berjalan dengan operator lain selain AT-and-T, operator resmi ponselbesutan Apple Inc. tersebut.

Diakui Hotz, meng-unlock iPhone memang bukan perkara mudah.Ia mengatakan bahwa proses ini berbekal solder dan software.Salah langkah dalam prose tersebut bisa membuat iPhone sama sekali tak bekerja.

Namun kerja keras Hotz berbuah manis. Ponsel 4GB yang sudah bisa berjalan dengan operator GSM apapun dibagian negara manapun ini, hingga Jumat (24/8) ditawar US$ 12.600 di eBay. 

George Hotz, renaja yang berhasil menjebol iPhone dari naungan AT&T, akan mendapatkan ganjaran atas apa yang telah dilakukannya. Namun bukan hukuman yang ia dapat tetapi malah sebuah mobil sport Nissan 350Z yang akan di terimanya.

Hadiah mewah tersebut datang setelah Hotz menandatangani perjanjian dengan perusahaan yang bergerak di Amerika Serikat, CertiCell. Dalam perjanjian tersebut, Hotz hanya perlu melakukan sebuah presentasi di kantor pusat CertiCell di Kentucky.

Dan semenjak itu iPhone dilempar kepasaran dengan memisahkan jaringan AT&T agar bisa digunakan pada jaringan operator yang lain.

Kekreatifan remaja ini ternyata membuat kagum CertiCell, sehingga perusahaan ini mengundang Hotz untuk melakukan pembicaraan perjanjian untuk penawaran pekerjaan menjadi konsultan di CertiCell, yang langsung disambut remaja ini.

Dan sebagai bagian dari perjanjian Hotz setuju untuk bergabung dengan perusahaan kami untuk menjadi konsultan. Untuk itu, Hotz akan menerima Mobil Nissan 350Z terbaru dengan tiga unit iPhone, sebut CertiCell dalam pernyataannya.

Sumber : blod-aand

Blog, Updated at: 7:29 PM

0 comments:

Post a Comment

Kalo COPAS sertakan sumber dengan link aktif !
Peraturan Berkomentar
- Bahasa sopan dan cinta damai
- Dilarang nyepam
- Link Hidup Akan Otomatis Mati