90 Perusahaan Bertanggung Jawab Atas Perubahan Iklim

Written By Risal Fajar Amiyardi on Sunday, November 24, 2013 | 7:19 PM



CALIFORNIA - Sebuah laporan terbaru yang dirilis oleh Climate Accountability Institute mengatakan bahwa krisis iklim yang sedang terjadi saat ini sebagian besar disebabkan oleh emisi dari 90 perusahaan di dunia.

Parahnya, dalam jangka waktu yang cukup singkat (1751-2010) terdapat 90 perusahaan membuang karbon dioksida (CO2) sekira 914 gigaton. Ini setidaknya menyumbang dua pertiga (63 persen) dari total emisi gas rumah kaca yang dilepaskan ke atmosfer sejak awal era industri.

Menariknya, seperti disitat Softpedia, Jumat (22/11/2013) laporan juga menyebutkan bahwa sekira 50 persen dari jumlah emisi diproduksi oleh perusahaan selama kurang lebih 25 tahun terakhir. Terdapat 83 perusahaan yang bergerak di bidang minyak, gas alam, dan batu bara dianggap sebagai 'biang' perusak ozon.

"Ada ribuan produsen minyak, gas, dan batu bara di dunia yang harus bertanggung jawab atas sumbangsihnya terhadap karbon dioksida di atmosfer. Di mana, sebagai sang pengambil keputusan seharusnya CEO tidak hanya mementingkan unsur bisnis saja tetapi juga dampak panjangnya," ucap peneliti Richard Heede.

Ia juga menambahkan jika sektor publik dan swasta bersama-sama harus mulai menyadari evolusi krisis iklim. Sehingga, perlu melakukan kesepakatan untuk mengurangi atau menghentikan pemanasan global.

"Mereka secara historis memang memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam mencemari atmosfer kita," imbuh mantan Wakil Presiden Amerika Serikat, Al Gore. (amr)

Blog, Updated at: 7:19 PM

0 comments:

Post a Comment

Kalo COPAS sertakan sumber dengan link aktif !
Peraturan Berkomentar
- Bahasa sopan dan cinta damai
- Dilarang nyepam
- Link Hidup Akan Otomatis Mati