Digital Lolipop Mampu Manipulasi Lidah & Otak Anda

Written By Risal Fajar on Sunday, November 24, 2013 | 7:21 PM



SINGAPURA – Para peneliti asal National University of Singapore baru-baru ini menciptakan sebuah lolipop digital yang dapat menciptakan sensasi rasa berbeda. Uniknya, perangkat elektronik yang diletakkan tepat di atas lidah itu mampu merangsang aneka cita rasa siapa saja yang mecicipinya melalui arus listrik yang dialirkannya.

Dengan bantuan suhu yang bervariasi pula lolipop digital ini dapat menipu otak saat mencicipi manisan tersebut. Ya, sebab seperti dikutip The Independent, Minggu (23/11/2013) perangkat tersebut mampu memanipulasikan empat rasa utama di lidah, seperti manis, asin, asam, dan pahit.

“Kami telah berhasil mengembangkan stimulasi listrik dan termal yang bisa menghasilkan sensasi cita rasa makanan (dalam hal ini lolipop) pada ujung lidah Anda,” tutur salah satu peneliti, Nimesha Ranasinghe.

“Sistem ini mampu memanipulasi sifat-sifat arus listrik untuk memberikan rangsangan rasa yang berbeda,” lanjutnya antusias kepada majalah New Scientist.

Ia juga berharap ke depannya, orang yang memiliki riwayat diabetes dapat memanfaatkan lolipop digital ini untuk mensimulasikan rasa manis tanpa perlu mengkhawatirkan kadar gulanya. (amr)
Blog, Updated at: 7:21 PM